Pages

Monday, March 18, 2013

Versioning Information Goods


Versioning Information Goods

Information goods
Information goods atau bisa disebut juga dengan barang-barang yang berbentuk informasi dan semua bentuk produk yang bisa didigitalisasikan. Produk informasi merupakan komoditi jenis yang nilai pasar utamanya berasal dari informasi yang dikandungnya. Ini juga termasuk jasa (layanan informasi). Contoh-contoh khas dari barang informasi menyertakan CD berisi potongan-potongan musik, sebuah DVD yang berisi film, file komputer yang merupakan bagian dari program, sebuah buku yang berisi cerita pendek, dan sebagainya.
Produk informasi, bagian berharga adalah pola di mana bahan tersebut diatur - susunan tinta di atas kertas, cat di atas kanvas, elemen magnetik pada tape, serangkaian penyok (lubang) di compact disc, dll Pola mungkin baik secara langsung dikonsumsi oleh manusia (melalui membaca, melihat, dll) atau dapat digunakan untuk mengoperasikan perangkat lain seperti pemutar kaset atau komputer. Kerja dari perangkat, pada gilirannya, dapat menghasilkan beberapa pola konsumsi informasi (seperti visual, suara, atau teks), pola lain untuk penggunaan perangkat lain, atau keduanya.
Produk informasi yang seringkali dibandingkan dengan barang-barang materi seperti pakaian, makanan, dan mobil. Nilai pasar dari barang-barang ini biasanya bergantung pada kedua sifat material dan pola perkembangannya. Ketika mobil terbuat dari kayu, bukan logam, misalnya, nilai pasar dari mobil akan sangat terbatas.
  
Struktur harga
Pada produk informasi, struktur harganya sangatlah tinggi pada produksi pertama, akan tetapi pada sub-produksi berikutnya, akan menjadi lebih murah bahkan sangat murah dibandingkan harga dari produksi pertama. Hal ini menyebabkan skala perekonomian menjadi sangat luas, dan saat barang yang diproduksi semakin banyak, maka average cost akan semakin rendah.

Free Version
Free version atau banyak yang menyebutkan sebagai trial version, merupakan versi dimana sebuah produk informasi diberikan secara gratis kepada konsumen tanpa adanya biaya apapun.
Ada beberapa alasan kenapa banyak produsen yang menggunakan konsep ini :
·         Memberikan Information Goods secara gratis tidak menyebabkan biaya yang cukup besar
·         Informasi dari produk tersebut didapatkan dari pengalaman memakai produk itu sendiri
·         Konsumen harus mencoba produk tersebut untuk menilainya
·         Sebagai testing konsumen
Dengan alasan-alasan tersebut, sudah sangat jelas bahwa konsep free version ini dibutuhkan untuk mempromosikan produk yang full version dimana pada produk full version merupakan produk yang memiliki teknologi yang lebih advanced daripada free version.


Strategi pada full version

·         Building awarness
Mengeluarkan free version akan tetapi dengan limited content features, dimana fitur yang lengkap hanya ada pada full version
Contoh : Game computer
Hanya bisa dimainkan sampai stage-stage tertentu

·        Gaining follow on sales
Produsen memberikan full version dari sebuah produk informasi, akan tetapi produk tersebut masih membutuhkan upgrade agar bisa berjalan dengan baik
Contoh : Antivirus
Memerlukan update setiap hari untuk memantau virus yang ada

·         Creating network
Membuat suatu network untuk konsumen, hal ini sangat berguna saat konsumen mengalami trouble pada produknya, sehingga konsumen bisa chatting ataupun posting permasalahan yang ada sehingga konsumen lain mungkin bisa menanggapi ataupun pihak vendor sendirilah yang menanggapi.
Contoh : Forum Microsoft

·         Attracting eyeball
Menggunakan suatu desain pada suatu banner atau browser yang bisa menarik minat mata konsumen untuk mencari informasi dari produk tersebut
Contoh : Playboy banner adverstiment
·         Gaining competitive advantage
Memberikan free version yang lebih baik untuk bersaing dengan perusahaan kompetitor


Versioning
“Versioning adalah proses untuk menempatkan nama baik versi unik atau nomor versi yang unik untuk negara yang unik dari perangkat lunak komputer. Dalam kategori nomor versi yang diberikan (besar, kecil), angka-angka ini umumnya diberikan dalam rangka meningkatkan dan sesuai dengan perkembangan baru dalam perangkat lunak. Pada tingkat halus, kontrol revisi sering digunakan untuk melacak versi yang berbeda secara bertahap dari informasi elektronik, baik atau tidak informasi ini sebenarnya adalah perangkat lunak komputer.”
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, versioning merupakan proses dalam memberikan nama untuk sebuah produk yang telah dikembangkan menjadi lebih baik.
Versioning sendiri bertujuan untuk membuat customer membayar kemungkinan tertinggi dari harga sebuah produk, sehingga bisa memaksimalkan keuntungan.
Alasan kenapa diperlukan versioning :
·         Menawarkan informasi dengan versi yang berbeda
·         Supplier memberikan harga yang berbeda karena memiliki versi yang berbeda
·         Konsumen memberikan nilai yang berbeda
Bagaimana untuk versioning ?
·         Memiliki Packages yang berbeda
·         Diidentifikasikan dari dimensi produk tersebut
·         Desain struktur dari produk yang bersangkutan
·         Menetapkan harga yang sesuai pada versi yang ada

 Pada versioning akan menimbulkan permasalahan dimana pada produk-produk yang berskala pendek akan dipertanyakan, berapakah banyak versi yang diperlukan?
Untuk kesenjangan dalam menentukan versi dan harga seperti ini, ada teknik yang dinamakan Goldilock Pricing.
Goldilock pricing diambil dari Goldilock principle yang berarti sesuatu harus berada dalam margin tertentu, sebagai lawan ekstrem jangkauannya. Hal ini biasanya sebuah ideologi, bukan prinsip logis dan erat berhubungan dengan teori keseimbangan. Ketika efek dari prinsip yang diamati, diketahui sebagai efek Goldilocks.
Prinsip Goldilocks berasal dari anak-anak cerita Goldilocks dan Tiga Beruang di mana seorang gadis kecil menemukan sebuah rumah milik tiga beruang. Beruang Setiap dimiliki salinan terpisah dari banyak hal, seperti makanan, tempat tidur, dll Setelah menguji masing-masing tiga, Goldilocks menetapkan bahwa satu selalu terlalu banyak dalam satu ekstrim (terlalu panas, terlalu besar, dll), salah satu terlalu banyak di ekstrim berlawanan (terlalu dingin, terlalu kecil, dll), dan satu adalah "tepat".


Macam-macam Versioning pada software
·         Change Significance
Dalam beberapa skema, urutan berbasis pengidentifikasi yang digunakan untuk menyampaikan pentingnya perubahan antara rilis: perubahan diklasifikasikan berdasarkan tingkat signifikansi, dan keputusan yang berurutan untuk mengubah antara rilis ini didasarkan pada pentingnya perubahan dari rilis sebelumnya, dimana urutan pertama adalah berubah untuk perubahan yang paling signifikan, dan perubahan urutan setelah yang pertama merupakan perubahan penurunan signifikan.
Misalnya, dalam skema yang menggunakan pengenal empat urutan, urutan pertama dapat bertambah hanya bila kode sudah benar-benar ditulis ulang, sementara perubahan ke user interface atau dokumentasi hanya mungkin memerlukan perubahan ke urutan keempat.
Praktek ini memungkinkan pengguna (atau pengadopsi potensial) untuk mengevaluasi berapa banyak dunia nyata pengujian rilis perangkat lunak yang diberikan telah mengalami. Jika perubahan yang dibuat antara, misalnya, 1.3rc4 dan pelepasan produksi sebesar 1,3, maka itu rilis, yang menegaskan bahwa mereka telah memiliki tingkat produksi kelas pengujian di dunia nyata, sebenarnya mengandung perubahan yang belum tentu diuji dalam dunia nyata sama sekali [klarifikasi diperlukan] Pendekatan ini biasanya memungkinkan tingkat ketiga penomoran ("perubahan"), tetapi tidak berlaku tingkat kekakuan perubahan nomor yang: 1.3.1 1.3.2, 1.3.3. , 1.3.4 ... 1.4.1, dll


Designating development state
Menggunakan zero dalam urutan pertama untuk menunjuk alpha atau status beta untuk rilis yang tidak cukup stabil untuk penyebaran umum atau praktis dan dimaksudkan untuk pengujian atau penggunaan internal saja.
Ø  0 for alpha (status)
Ø  1 for beta (status)
Ø  2 for release candidate
Ø  3 for (final) release

 Date
Menggunakan tahun yang diikuti oleh bulan dan tanggal hari dirilisnya software tersebut.
 Contoh :
Ø  "Wine 20040505".  Artinya dirilis 5-5-2004
Ø  Ubuntu 11.10 artinya dirilis October 2011.

Year
Diidentifikasikan dengan menambahkan tahun pada akhir nama produk tersebut
Contoh :
Ø  Ms. SQL Server 2003
Ø  Adobe ilustrator 88
Ø  Word Perfect Office 2003

No comments:

Post a Comment