Pages

Monday, March 18, 2013

E-Business


B2B
Business-to-business (B2B) merupakan transaksi perdagangan antara perusahaan dengan perusahaan, seperti antara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer. Transaksi B2B meliputi komponen-komponen yang akan diproduksi oleh perusahaan / raw materials, atau bahan jadi yang siap dipasarkan dan di jual kepada customer melewati distributor ataupun ke grosir untuk dijual kembali.
B2B biasanya dilakukan sekali dengan jumlah yang sangat besar dalam waktu periode tertentu, seperti misal perusahaan pemroduksi mobil yang membeli ban dari perusahaan yang memproduksi ban. Sedang pada contoh perusahaan yang menjual barang ke grosir, misal perusahaan yang memproduksi sarden menjual ke market-market untuk dijual kembali kepada customer.
Dalam setiap bisnis, tentunya pasti ada resiko, dan pada B2B resikonya sangatlah tinggi, karena kesalahan dalam pembelian produk, kesalahan dalam menentukan jumlah barang ataupun kualitas barang yang tidak sesuai, tentunya bisa sangat merugikan. Karena itu, B2B sangatlah perlu adanya partnership yang bisa dipercaya antar perusahaan.

B2C
Business-to-Customer (B2C) merupakan bisnis antara sebuah perusahaan yang menjual produk kepada customer secara langsung. Biasa disebut juga sebagai retailers yang menjual kepada end-user seperti market.
Retailer biasa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian :
1.                   Menjual produk makanan
2.                   Menjual hardware, seperti barang-barang elektronik
3.                   Menjual bahan/perlengkapan, seperti pakaian
Berikut adalah beberapa contoh dari B2C :
-                      Carrefour, Indomart, Alfamart yang menjual berbagai macam barang kepada customer
-                      Hartono yang fokus menjual hardware kepada customer
-                      Pasar-pasar rakyat
-                      Matahari yang menjual pakaian branded maupun tidak kepada customer dll

C2C
Customer-to-Customer (C2C) merupakan suatu transaksi yang terjadi antara customer satu dengan customer lainnya dan tidak terikat oleh perusahaan yang bersangkutan. Biasanya transaksi ini dilakukan pada barang yang second hand.
Transaksi ini tidaklah sebesar transaksi seperti B2B, dan transaksi ini pun memiliki skala yang sempit. Ada banyak cara customer dalam mempromosikan barangnya, seperti pada forum dalam kaskus FJB, di sana customer dengan bebas mempromosikan barangnya. Jika ada yang berminat, maka bisa melakukan pembayaran melalui transfer atau pun Cash on Delivery (CoD), tentunya jika via transfer memiliki resiko yang cukup tinggi akan penipuan.

B2G
Business-to-Goverment (B2G) merupakan bisnis seperti B2B, akan tetapi berskala goverment atau pemerintahan. Bisnis ini memasarkan produk maupun jasa kepada tingkat pemerintahan termasuk federal, negara bagian, kepolisian melalui teknik komunikasi yang berbasis website.
Sebagai contoh adalah Bisnis Asuransi berbasis pemerintahan milik Philipine yang bernama Goverment Service Insurance System. Merupakan bisnis asuransi yang diperuntukkan untuk skala pemerintahan negara philipine, mulai asuransi jiwa, pension, cacat, pemakaman, edukasi, hutang dll.

B2E
Business-to-Employee (B2E) merupakan intrabisnis atau bisnis dalam perusahaan itu sendiri yang memang diperuntukkan kepada karyawan didalamnya.

Mobile E-Commerce
Mobile E-Commerce (M-Commerce) adalah perdagangan dengan menggunakan peralatan mobile seperti handphone, smartphone, tablet, notebook, ultrabook dll. Pada dasarnya, bisnis ini merupakan bisnis online seperti pada umumnya, hanya saja bisa diakses dari manapun dengan menggunakan peralatan mobile.
Sebaga contoh adalah transaksi online melalui website yang diakses dengan smartphone, dan melakukan transfer dengan aplikasi mobile banking.

Collaborative E-Commerce
Collaborative E-Commerce atau bisa disebut juga C-Commerce adalah sebuah bisnis yang bisa mengaktifkan kerjasama antar perusahaan melalui internet dan membagi data, tracking, bisnis perusahaan antara perusahaan satu dengan yang lain untuk meningkatkan produktifitas, laba serta kerja sama dalam B2B.

No comments:

Post a Comment